Jumat, 16 Maret 2012

Kebahagiaan Penghuni Surga (Jannah)


Sesudah Allah SWT menjelaskan akibat yang akan dirasakan oleh orang-orang yang tidak percaya pada kehidupan akhirat (Azab Penghuni Neraka) , kemudian Allah SWT menjelaskan imbalan bagi orang-orang yang berusaha menyisihkan dari sebagian waktu, tenaga, pikiran dan harta untuk kehidupan akhirat. Mereka bekerja keras mencari kenikmatan dunia, namun tidak menghalalkan segala cara karena mereka yakin segala perbuatannya harus dipertanggung-jawabkan  di pengadilan Maha Adil, yaitu akhirat.
Kalau kita cermati ayat-ayat Al Qur’an, sering Allah SWT menggunakan pendekatan komparatif (studi banding). Setelah dijelaskan penghuni neraka, lalu dijelaskan pula penghuni surga ataupun sebaliknya. Ini merupakan salah satu cara agar manusia mampu membandingkan dan mengambil kesimpulan yang paling benar dari studi perbandingannya itu.

Begitu pula pada ayat yang sedang dibahas ini. Pada bagian awal, Allah telah menjelaskan penghuni neraka, pada penggalan ayat berikut ini dijelaskan penghuni surga. Seperti apakah imbalan yang akan mereka dapat?
Banyak muka pada hari itu berseri-seri. (QS Al-Ghasyiyah 8)
Allah mengambarkan kebahagiaan ahli surga dengan mendeskripsikan keceriaan wajah karena wajah merupakan bagian dari tubuh manusia yang paling menjadi perhatian. Saat kita bertemu seseorang, yang pertama kali kita perhatikan biasanya wajahnya.
Merasa senang karena usahanya. (QS. Al Ghasyiyah 9)
Wajah mereka berseri bukan tanpa usaha, tetapi hasil kerja yang sungguh-sungguh tanpa lelah.
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. ( QS. Ali Imran 3: 142)
Kita akan menghadapi berbagai ujian hidup untuk bisa mendapatkan surga Allah.
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan mengatakan, “ Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar keimanannya dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta keimananya. ( QS Al Ankabut 29; 2-4)
Apabila berbagai ujian itu bisa kita lewati secara baik dan elegan, sudah dipastikan Allah akan memberikan kenikmatan abadi, yaitu :
Dalam surga yang tinggi. ( QS. Al Ghasyiyah 10)
Surga merupakan simbol kenikmatan abadi. Allah SWT, menyediakan surga sebagai imbalan bagi orang-orang yang mampu melewati berbagai ujian, baik ujian kenikmatan ataupun ujian penderitaan.
Apabila Allah SWT memberikan kemudahan mendapatkan harta, jodoh, anak, ilmu, kedudukan dan pengikut, sesungguhnya ini merupakan ujian kenikmatan. Hati-hati dengan ujian semacam ini, amatlah banyak orang yang akhirnya terlena dengan ujian kenikmatan, misalnya Fir’aun yang menjadi penguasa zalim dan takabur serta Qorun yang menjadi hartawan yang kikir.
Banyak orang yang tidak lulus dengan ujian kenikmatan dan tidak sedikit juga yang gagal dengan ujian penderitaan, berupa ketakutan, kekecewaan, kekurangan harta, jiwa dan lain-lain.
Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. ( QS. Al Baqarah 2:155)
Allah SWT hanya akan memberikan surga-Nya kepada orang-orang yang mampu melewati ujian kenikmatan ataupun kepahitan.
Maha Suci Allah Yang ditangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. ( QS. Al Mulk 67: 2)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka disisi Tuhan mereka ialah surga “Adn yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Allah rido terhadap mereka dan merekapun rido kepada-Nya. Yang demikian itu adalah balasan  bagi orang yang takut kepada Tuhannya. (QS. Al Bayyinah 98: 6-8)
Apa yang akan dirasakan ahli surga?
Tidak kamu dengar didalamnya perkataan yang tidak berguna. Didalamnya ada mata air yang mengalir. Didalamnya ada tahta-tahta yang ditinggikan, gelas-gelas yang terletak (didekatnya), bantal-bantal sandaran yang tersusun, dan permaidani-permaidani yang terhampar. ( QS. Al Ghasyiyah 11-16)
Subhanallah! Maha suci Allah. Betapa indahnya gambaran surga. Semoga Allah memberikan kenikmatan ini pada kita. Amin ya Rabbal A’lamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar